Tuesday 24 February 2015

Putri Indonesia Tersenyum Bahagia Saat Kenakan Kaos Berlogo PKI

Jagat media sosial gempar. Pasalnya, hanya selang dua hari usai dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2015, foto Anindya Kusuma Putri yang mengenakan kaus bergambar palu arit tersebar luas.

Foto tersebut, diunggah ke akun Instagram miliknya, @anindyakputri, Jumat (20/02/2015).

Dalam foto itu Anindya mengenakan kaus warna merah bergambar palu arit warga kuning. Aksesoris lain yang dipakainya adalah kecamata hitam dan topi caping khas petani.

Lambang palu arit sangat identik dengan gerakan komunis di berbagai negara, termasuk Vietnam. Di Indonesia sendiri, simbol tersebut menjadi lambang perjuangan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Anindya mengaku sedang piknik ke Vietnam periode pertengahan 2014. Dalam statusnya, ia menulis 'I am so Vietnam today!' Sayangnya, setelah ramai dibincangkan di dunia maya, foto tersebut terhapus dari Instagram Anindya. Hanya saja, foto tersebut sudah tercapture dan tersebar di dunia maya.

Kontan, foto Putri Indonesia tersebut dinilai tak pantas dan dikecam oleh sejumlah netizen, terutama di linimasa Twitter.

"sebarkan! "@M4ngU5il: "Pantaskah Putri Indonesia 2015 @AnindyaKPutri Berkaos Lambang Komunis?" kicau akun ‏@semesta_kicau , Senin (23/2/2015).

Sementara akun ‏@mas_prasetiyo menuliskan, "Puteri Indonesia 2015 @anindyakputri memakai kaos berlambang komunis, silakan @TNI_AD dan @KOPASSUS_id tindak lanjut."

Akun ‏@Anyer_Fury menulis, "Syukurlah Putri Indon @anindyakputri pake kaos palu arit. Selamat dia. Coba kaosnya tulisan tauhid, dijamin didor BNPT krn dianggap ISIS."

Akun ‏@imanbr menyebut, "Kaos bergambar palu arit, CCCP, Kawan Mao itu keren kok buat koleksi. Nggak usah kawatir dengan ideologinya yang sudah usang :))."

Akun @saripuspitaayu mengatakan, "Yang berbusa bela #PutriIndonesia mengenakan kaos #PaluArit atas nama sekedar kaos-fashion, pasti tempurung kepalanya kopong. Ronsen deh!"

Sementara sineas liberal yang fotonya saat mengibarkan bendera PKI juga tersebar luas, Hanung Bramantyo, mencoba membela Anindya. Akun @Hanungbramantyo menyatakan, "Para bigot pasti menyebut si putri komunis. Ngokkss !!!

Merespon reaksi publik yang keras paska foto kontroversialnya tersebut, Putri Indonesia 2015 ini beralasan bahwa itu hanya untuk menyambut temannya yang dari vietnam. Sementara itu, sebuah video di youtube yang diunggah tahun lalu menunjukkan Anindya sedang mengenakan kaos berlogo palu arit itu saat menanam pohon dengan mahasiswa UNDIP. Simak videonya di menit ke 5.55 berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=yZ2CzX8zI4M

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Faried - Premium Blogger Themesf | Affiliate Network Reviews