Sunday 10 March 2013

Tips Kurangi Kadar Asam Urat


Asam Urat merupakan penyakit yang banyak menyerang pada syaraf dan persendian. Seperti nyeri di persendian tangan atau kaki, tubuh mudah pegal-pegal, dan kadang terserang kesemutan? Waspadalah. Bisa jadi itu adalah tanda bahwa kadar asam urat mulai naik.

Asam urat sebenarnya adalah ‘sampah’ hasil metabolisme yang dilakukan oleh tubuh, dan jika levelnya meninggi, berarti tubuh tak mampu mengeluarkan kelebihan asam urat tersebut dengan maksimal.

Berikut ini adalah tips untuk menurunkan kembali kadar asam urat dalam tubuh, sebelum menjadi komplikasi yang serius :
  1. Kurangi konsumsi makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, garam, jamur, serta kembang kol. Makanan ini memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga merangsang terbentuknya asam urat di tubuh.
  2. Kurangi meminum soft drink dengan kadar gula yang tinggi dan camilan yang manis.
  3. Jaga pola makan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat agar berat badan dapat terjaga. Sebab, kegemukan juga bisa memicu tingginya kadar asam urat.
  4. Mengkonsumsi Air putih dengan jumlah ideal. Karean, air putih dapat menjaga metabolisme tubuh dengan baik dan zat-zat tak berguna seperti kadar asam urat yang berlebih dapat dikeluarkan oleh ginjal.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Faried - Premium Blogger Themesf | Affiliate Network Reviews